Close

Data Klien dan Server Kok Beda?

Pernah ada kejadian data daftar penjualan di komputer server berbeda dengan data di komputer klien. Hasil input di server tidak tertampil di komputer klien dan begitu pula sebaliknya.

Penyebabnya tentu saja berarti database tidak terkoneksi. Masing -masing komputer hanya terhubung dengan databse lokalnya sendiri. Cara koneksi database bisa dilihat di tulisan ini.

Bila merasa sudah melakukan koneksi dengan benar tetapi database tetap tidak sinkron, ada kemungkinan penyebab lain. Kemungkinan hal itu disebabkan pengaturan offline files pada windows berstatus on (enable). Pada kondisi ini, database tidak terkoneksi realtime sehingga berbeda isinya antara komputer klien dengan server setelah masing-masing melakukan input data.

Stockbill bekerja dengan membaca data realtime, pembacaan dalam waktu yang sama, sehingga pembacaan dan penulisan data di setiap komputer dalam jaringan berjalan bersamaan di satu database. Umumnya bila hubungan jaringan lancar, fitur Offline Files tidak bermasalah di Stockbill karena komputer tetap membaca file database secara online (terhubung). Fitur Offline Files bisa menjadi masalah bila hubungan jaringan buruk sehingga komputer klien malah membaca database offline dari seharusnya membaca database online di server. Akibatnya data yang tertampil di komputer klien berbeda dengan data yang tertampil di komputer server.

Pengguna Stockbill dengan beberapa komputer terhubung harus menonaktifkan fitur ini agar Stockbill berjalan baik. Pembacaan dan penulisan di database Stockbill harus realtime sehingga data yang ditampilkan di setiap komputer sama.

Ciri-ciri fitur offline files aktif adalah adanya icon bundar hijau di bagian bawah windows explorer saat membuka file/folder dari jaringan.
program-toko-stockbill-sync-offline windows-0001

 

Cara menonaktifkan fitur offline files di windows

 

 

Wassalam…….

 

 

Kontak Kami