Close

Error baca database nomor 91

Saat akan login, muncul peringatan ini.

Peringatan “Error baca database nomor 91” muncul karena proses pembacaan dan penulisan data tidak dapat berjalan sempurna.

Dari pengalaman kami, ada 2 kemungkinan penyebabnya.

(1) Drive Penyimpanan Penuh

Setelah dipakai sekian lama (tahunan), wajar bila ukuran database akan semakin membesar. Namun ukurannya biasanya relatif tidak terlalu besar. Minimarket dengan ribuan transaksi per hari umumnya mencapai ukuran database sebesar 1GB setelah 2-4 tahun.

Contoh: Database StockBill di drive (D:)

Yang dapat membuat drive penyimpanan (harddisk) penuh biasanya folder backup. Saat pengguna melakukan backup, akan tersimpan file dengan ukuran sama dengan ukuran database di folder backup. Bila ukuran database 1 GB dan backup database dilakukan tiap hari, bisa saja ukuran folder backup akan mencapai ratusan GB dalam waktu beberapa bulan.

Untuk mengatasinya Anda dapat menghapus file-file backup yang lama atau memindahkannya ke tempat lain.

(2) Setting share folder database

Peringatan ini biasanya muncul pada saat tes koneksi di proses koneksi database, tidak ada respon. Kemudian saat akan login, muncul peringatan ini.

Hal ini biasanya disebabkan karena setting share¬†folder di komputer server tidak “Read/Write” tapi hanya “Read” saja.

Untuk koneksi database StockBill, setting share folder harus “Read/Write”. Cara setiing jaringan database StockBill bisa dibaca di posting berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

62 + = 70

© 2021 Medinablog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.