Close

Penyunting Layout Laporan Tidak Membuka

Pengguna StockBill dapat menyusun bentuk laporan/nota sesuai kebutuhan dan keinginannya. Cara menyusunnya menggunakan program Crystal Report. Silahkan lihat cara menggunakan Crystal Report.

Untuk menyusun bentuk suatu laporan, tekan tombol F3 pada keyboard untuk membuka program Crystal Report. Kadangkala, dijumpai program Crystal Report tidak membuka walau sudah menekan tombol F3.

crystal-report-layout-laporan-program-toko-stockbill

Ada beberapa sebab sehingga editor layout laporan tidak membuka.

  1. Tombol [Fn] harus ditekan. Pada beberapa notebook/laptop, tombol [F3] harus ditekan bersamaan dengan tombol [Fn].
  2. Program Crystal Report belum menjadi default program untuk membuka file laporan StockBill. Umumnya hal itu tidak terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan klik kanan icon StockBill. Kemudian klik “Open file location” (Pada win xp: Properties>Find target..)
    program-toko-stockbill-open-file-location

    Kemudian buka folder SERVDB.
    SERVDB-Program-Kasir-StockBill

    Cari file dengan ekstensi [.rpt]. Sebagai contoh, file “motabesc.rpt”. File ini adalah file untuk penyuntingan nota besar penjualan.
    Klik kanan file “motabesc.rpt” kemudian klik Open with.

    open-with-motabesc-Program-Kasir-StockBill

    Kemudian pilih program Crystal Report. Jangan lupa untuk mencentang kotak “Always use this app to open .rpt”. Kemudian klik OK.

    open-with-motabesc-Program-Kasir-StockBill-1
    tampilan pada Windows 10
    tampilan pada Windows 7

    Kalau tidak ada pilihan Crystal Report, pilih “More apps ↓”. Bila Crystal Report juga tidak ada, pilih “Look for another app on this PC”. (Pada Windows XP dan Windows 7 : klik Browse..)
    Kemudian buka folder “C:\Cougarsoft Framework\REPORT”, pilih file “CRW32.exe” lalu tekan OK. Setelah ini, berikutnya kalau membuka file penyunting laporan bisa langsung lewat tombol [F3] saat menggunakan StockBill.

    Untuk versi StockBill yg lebih lama, file “CRW32.exe” dapat dijumpai di folder REPORT di tempat StockBill terinstal. Misalnya di :”C:\StockBill Enterprise\REPORT”.

Bila cara-cara tersebut masih belum bisa, silahkan hubungi teknisi stockbill di [email protected]

Suwon….

Kontak Kami