Close

Repair dan Compact Database

Database StockBill dapat bertambah secara cepat setelah sekian lama digunakan. Hal ini kadangkala dapat menghambat kinerja. Anda dapat menggunakan perintah Compact dan Repair database untuk mencegah atau memperbaiki masalah ini. Proses “compact” tidak memadatkan data Anda, proses ini membuat ukuran file database Anda lebih ringkas/kecil dengan menghilangkan ruang yang tak terpakai. Perintah Compact dan Repair database  juga bertujuan untuk membantu meningkatkan kinerja.

PERHATIAN
Sebelum melakukan Compact dan Repair database sebaiknya backup dulu database Anda. Walau sangat jarang terjadi bisa saja proses repair sangat lama dikarenakan ukuran database yang terlalu besar dan spesifikasi komputer yang terlalu minimal. Kadangkala karena kelalaian, Kita memutus proses repair itu di tengah jalan sehingga malah merusak database.

Backup Manual database
Sebelum backup database StockBill, tutup dulu semua program StockBill termasuk yang di komputer klien kalau ada.
Database StockBill tersimpan di folder SERVDB. Silahkan klik kanan icon StockBill. Kemudian klik “Open file location” (Pada win xp: Properties>Find target..)
Klik kanan pada folder SERVDB lalu klik copy.

Lalu Paste di folder lain atau ke Flashdisk.

Setelah backup folder SERVDB selesai lanjut ke…

Repair dan Compact Database
Tutup (jangan buka dulu) program Stockbill termasuk yang dikomputer lain yang menggunakan database yang sama (jaringan). Pada lokasi yang sama dengan folder SERVDB tadi, buka file repair.exe.

Klik Repair All.

Tunggu hingga proses selesai lalu klik OK.

Lakukan hal yang sama dengan klik Compact All.

Klik OK setelah proses selesai.

Tutup program repair.

StockBill sudah bisa digunakan seperti biasa.

4 thoughts on “Repair dan Compact Database

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 − 76 =